• Pendidikan Bahasa Indonesia | Website Resmi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UNIMUDA Sorong

Mahasiswa Semester VI A dan B Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Melaksanakan Praktik Jurnalistik di Radio Insaniia 88,7 FM, Radio Pendidikan dan Kebudayaan Sorong

Mahasiswa Semester VI A dan B Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Melaksanakan Praktik Jurnalistik di Radio Insaniia 88,7 FM, Radio Pendidikan dan Kebudayaan Sorong

Sorong, 28 April 2021 Dalam rangka implementasi visI program studi, Mahasiswa semester VI A dan VI B,Program Studi  Pendidikan Bahasa Indonesia melaksanakan Praktik Jurnalistik di Radio Insaniia 88,7 FM, Radio Pendidikan dan Kebudayaan Sorong, . Kegiatan ini di;laksanakan  sejak awal perkuliahan semester ganjil 2021/2022

Kegiatan Praktik Jurnalistik ini di laksanakan dua dua kali dalam satu minggu, di awali dengan kegiatan anjangsana ke studio radio INSANIA  88,7 FM, Radio Pendidikan dan Kebudayaan Sorong, mahasiswa di kenalkan dengan kru radio Insania, mahasiswa di kenalkan dengan lingkungan Sutudii, Prangkat Siaran. Semua mahasiswa yang mengikuti praktik  ini, masih dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) semester ganjil, mahasiswa sangat senang dan semanagat di dalam mengikuti praktik ini, mereka sangat kompak, antosias dan serius mengikuti materi siaran radio , di awali dengan praktik pemanasan mengolah Vokal, dengan mengucapkan huruf-huruf vocal dan konsonan dengan jelas.

Yoseph Baru,  selaku ketua tingkat semester VI B,  menyampaikan bahwa, dirinya sangat semangat dalam mengikuti praktik jurnalistik ini, terutama bagaimana berlati sebagai seorang penyiar radio, karena adanya semangat yang berapi-api dari teman-temannya pada kegiatan ini. selain itu, yang membuat dirinya lebih senang dan semangat lagi yaitu bisa menyiar di radio INSANIA 88,7 FM,  dan bisa menungkan ide-ide, gagasan-gagasan dalm membawa sebuah mata acara diradio, Kegiatan Praktik Jurnalistik  ini ddampingi langsung oleh dosen Abdulrahman Hatsama, M.Pd. yang juga sebagi dosen  prodi Pendidikan Bahasa Indonesi, sekaligus dosen pengampuh mata kuliah Praktik Jurnalistik (PKL Jurnalistik)  Beliau banyak memberikan motivasi dan arahan kepada mahasiswa terkait dengan kegiatan praktik sebagai seorang penyiar radio dan jurnalis radio. Hal yang sama juga di sampikan oleh ketua tingkat semester VI A, Jeni Alisia Tubur dirinya sangat semangat dalam mengikuti praktik jurnalistik ini, terutama bagaimana berlati sebagai seorang penyiar radio, dan berlati menjadi seorang jurnalistik radio, karena menjadi seorang jurnalis atau seorang wartawan radio juga mempunyai tantangan tersendiri, karena seorang jurnalis radio harus turun ke lapangan mencari berita, yaitu mencari, memperoleh, mengolah, mengedit berita dari lapangan, setelah itu di siarkan melalui radio INSANIA 88,7 FM.

Kegiatan praktik ini memang betul-betul diseriusi, tidak sekedar praktik biasa saja, tetapi bagian dari luaran program studi bahasa Indonesia, selain luaran mahasiswa sebagai seorang guru pendidikan bahasa Indonesia, akan tetapi mahasiswa juga bisa berfrovesi sebagai seorang jurnalistik, dan penyiar radio. Kegiatan ini merupakan aktualisasi dari visi prodi yaitu Menjadi program studi terkemuka yang menghasilkan lulusan tenaga Pendidik Bahasa Indonesia yang professional, unggul, dan  berjiwa kewirausahaan di bidang wisata se-Papua pada tahun 2025”

Abdulrahman Hatsama, M.Pd. beliau juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktik ini. “Bapak sangat bangga dan berterima kasih kepada mahasiswa, karena mereka mulai menunjukan perubahan kalian ke arah yang lebih baik, praktik jurnalistik ini merupakan cerminan kepribadian dan kemauan yang tinggi dari kalian untuk mengembangkan potensi dan bakat individu. Semoga praktik ini menjadi modal dasar menyongsong tantangan zaman dalam mencari lapngan pekerjaan, selain menjadi seorang pendidik, kegiatan ini  terus berlanjut dan berkesinambungan dengan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga banyak pengalaman yang kalian peroleh. Ketika teman-teman lulus nanti bergabunglah bersama media-media jurnalistik, Radio, Media Cetak, maupun media TV.  Ingat yang bisa meruba nasip hidup kalian adalah kalian sendiri bukan orang laian, ”. imbuh Pak Rahman panggilan akrab.

Alvionita supit selaku salah satu mahasiswa praktik yang ikut dalam kegiatan ini saat dimintai keterangan, dirinya menyampaikan bahwa senang dengan kegaiatan ini . “saya sangat senang karena banyak pengetahuan yang kami peroleh dari praktik jurnalistik terutama menjadi seorang penyiaran radio, Bapak Abdulrahman Hatsama, M.Pd. saya yakin bahwa teman-teman yang mengikuti  praktik ini mulai memiliki kesadaran untuk mengembangkan potensinya, baik secara akademik maupun non akademik dalam menungkan ide dan gagasanya, dan memiliki kesadaran untuk mencitai kerja seorang jurnalistik dalam menyampaikan informasi atau berita kepada publik  atau masyarakat merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mulia. (ARH)

Top